Rumah Longsor, Sekeluarga Mengungsi

192

GONDORIYO — Rumah milik Joko Suyono, 35, yang terletak di jalan Bukit Bringin Barat no C 169 RT 2 RW V Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Rabu (29/1) sekitar pukul 15.00 longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut tetapi kerugian material diperkirakan mencapai Rp 60 juta.
Hujan membuat fondasi rumah yang terletak di pinggir tebing ini longsor. Bagian dapur dan ruang keluarga pun tak bisa ditempati lagi. Joko dan keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah saudara.
”Belum tahu kapan akan diperbaiki. Bantuan dari pemkot belum bisa diberikan, tetapi dari kecamatan, kelurahan telah melakukan pendataan,” ungkap Sekretaris Lurah Gondoriyo Yulita Ekowati. Rumah ini baru satu bulan lalu ditempati pemiliknya.
Yulita menjelaskan, saat longsor terjadi, Joko dan keluarga berada di dalam rumah. Tiba-tiba mereka merasakan ada getaran. Karena takut, Joko sekeluarga keluar rumah. Tak lama kemudian, bagian belakang rumahnya ambrol dan terseret ke sungai yang ada di bawah tebing.
”Jadi sekarang rumah itu sudah tidak ditempati karena sudah tidak layak untuk ditempati,” katanya.
Salah seorang warga, Sutrisno mengatakan bencana longsor baru kali pertama terjadi di wilayah itu. ”Harapannya jangan ada lagi longsor berikutnya, soalnya kasihan warga,” katanya. (hid/ton/ce1)