SALATIGA — Berpura-pura sebagai pembeli, dua pria mencuri tas berisi duit Rp 50 juta milik penjual warung, Dwiyanti, 50, warga Jalan Kartini No 29B Salatiga.
Perempuan yang sehari-hari membuka warung makan di rumahnya itu, kehilangan uang Rp 50 juta yang disimpan di tasnya, Rabu (29/1) petang lalu.
Keterangan yang dihimpun koran ini, sekitar pukul 17.30, warung makan Depot Baru milik korban, kedatangan dua pria tak dikenal. Mereka berboncengan motor.
”Salah satunya turun dan masuk ke warung makan. Seorang lagi, masih menunggu di atas jok motornya dan mesinnya dalam keadaan hidup,” kata korban kepada polisi.
Selanjutnya, seorang pelaku yang masuk warung, memesan minuman dingin untuk dibungkus. Korban pun melayani. Ia menuju dapur untuk menyiapkan pesanan pelaku.
Selesai membuatkan minuman, korban ke depan untuk menyerahkan minuman. Namun, pria misterius itu sudah tidak ada. Korban pun curiga, karena lemari yang biasa digunakan untuk menyimpan tas dan laptop, pintunya terbuka.
Korban lantas mengecek lemari itu. Hasilnya, tas hitam merek Cheril yang disimpan di dalam lemari, sudah hilang. Tas itu berisi uang tunai Rp 50 juta, surat-surat penting dan sejumlah buku tabungan.
Kapolres Salatiga AKBP Dwi Tunggal Jaladri melalui Kepaal Satuan Reskrim Polres Salatiga AKP Andie Prasetyo mengatakan, petugas masih menyelidiki kasus pencurian tersebut.
”Dari keterangan korban, saat itu lemari sudah biasa tidak dikunci. Dari sini diduga pencurinya telah mengetahui bahwa korban memiliki uang tunai yang baru saja diambil dari salah satu bank swasta di Salatiga.” (sas/isk/ce1)