Antisipasi Banjir, Logistik Pemilu Dipindah
KENDAL–Masih tingginya curah hujan yang diperkirakan hingga Maret mendatang, membuat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kendal menyewa sebuah gudang yang berada di depan Stadion Utama di Kelurahan Kebondalem, Kendal. Langkah ini dilakukan, karena logistik pemilu yang disimpan di aula kantor KPUD dikhawatirkan akan terendam banjir, sekalipun sudah diletakkan di tempat yang tinggi. Logistik pemilu itu diangkut ke gudang yang baru pada Kamis (30/1) kemarin.
Sekretaris KPUD Kendal, Ahmadi, kepada Radar Semarang mengatakan, kotak suara yang tersimpan di gudang milik KPUD Kendal sudah dipindah ke gudang baru. Sedangkan logistik pemilu yang disimpan di aula dipindahkan ke gudang belakang yang tempatnya lebih tinggi dari aula.
“Kita tukar, kotak suara akan dipindahkan ke gudang baru, sedangkan logistik pemilu yang mudah rusak yang semula disimpan di aula berupa tatakan coblosan terbuat dari busa, bilik suara kardus, serta benang, dipindahkan ke gudang belakang yang aman dari banjir,” jelasnya kepada Radar Semarang.
Menurut Ahmadi, pihaknya terpaksa menyewa gudang, karena kantor KPUD sering dilanda banjir akibat luapan Sungai Buntu yang berada di sebelah barat kantor. “Kalau banjir bisa sampai 50 sentimeter, di dalam ruangan bisa sampai 25 sentimeter, karena itu terpaksa harus dipindahkan,” katanya.
Ahmadi menjelaskan, gudang tersebut disewa selama 6 bulan. Namun jangka waktunya bisa ditambah sesuai kebutuhan. Dirinya enggan membeberkan berapa uang sewa gudang yang dikeluarkan KPUD Kendal. ”Sejauh ini, masih ada logistik pemilu yang masih dalam proses cetak, yakni surat suara,” ujarnya.(den/aro)