Bandel, Ratusan Atribut Ditertibkan

104

REMBANG – Alat peraga kampanye yang membandel terus bertambah. Berdasarkan hasil penertiban oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rembang ada ratusan atribut yang ditertibkan. Padahal, penertiban beberapa bulan lalu, Satpol PP hanya menertibkan 70 atribut.
Atribut yang ditertibkan mulai baliho sampai banner. APK itu dipasang di pohon-pohon pinggir jalan. Ratusan atribut itu berisi foto calon legislatif (caleg).
Sudarno, kasi Penegakan Perda Satpol PP Rembang menerangkan, penertiban ini merupakan kali kedua. Penerbitan ini berdasarkan banyak sekali pemasangan atribut yang menyalahi Perbup Nomor 39 Tahun 2013. Di antaranya, pemasangan APK dipaku di pohon dan penetapannya tidak sesuai aturan.
”Kali kedua penertiban yang kami lakukan. Sebelumnya sekira ada 70 atribut kampanye yang kita tertibkan,” terangnya.
Setelah atribut yang melanggar diambil, APK milik para caleg diletakkan di kantor Satpol PP. Diterangkannya, APK itu boleh diambil. Pemiliknya bisa mengambil langsung di kantor.
”Penertiban kali ini fokus di wilayah Kecamatan Rembang. Penyisiran itu dimulai Kantor Satpol PP menuju Jalan Tireman dan menyisir ke dalam kota,” ungkapnya.
Untuk di kecamatan-kecamatan lain, pihaknya menyerahkan ke Trantib kecamatan. Jika Trantib kecamatan merasa kesulitan, terutama gambar yang ukurannya besar, pihaknya menyatakan siap membantu.
Dia mengungkapkan, seringkali APK yang melanggar ditertibkan, beberapa hari kemudian dipasang lagi oleh pemiliknya. Sudarno berharap, bagi partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) bisa mentaati peraturan yang ada dan memberi contoh yang baik kepada masyarakat.
”Banyaknya atribut kampanye yang dipasang di sembarang tempat. Ini juga dikeluhan oleh banyak masyarakat karena sangat mengganggu pemandangan,” imbuhnya. (noe/ris)