Sebelum Membunuh, Sutopo Tengok Nenek

141

SALATIGA—Kasus pembunuhan pria selingkuhan pacar dengan tersangka Sutopo, warga Salatiga, kemarin, dilakukan reka ulang. Ada 19 adegan yang diperagakan tersangka.
Terungkap, korban Aang Warsito, 41, warga Desa Blanceran RT 01 RW V, Kecamatan Karanganom, Klaten, dibunuh ketika hendak melerai amukan Sutopo terhadap pacarnya, Sri Hartati.
Reka ulang dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP), di rumah kos korban di Dukuh Sukoharjo RT 01 RW VI, Kelurahan Cebongan, Kecamatan Argomulyo.
Kapolres Salatiga AKBP Dwi Tunggal Jaladri didampingi Kasat Resktim AKP Andie Prasetyo memimpin langsung jalannya rekonstruksi.
Adegan pertama, dimulai ketika Sutopo datang ke lokasi, menumpang angkot. Angkot disopiri oleh Kamso, dari arah Kembangsari, Tengaran ke Kota Salatiga.
Saat itu, Kamso memberitahu kepada tersangka bahwa Sri Hartati, pernah menginap di kamar kos dekat rumah kosnya. Kamso juga memberitahu tersangka keberadaan kos korban yang kerap didatangi Sri.
Tersangka lantas turun di pertigaan ABC untuk menengok neneknya. Saat menengok sang nenek, tersangka melihat pisau lipat. Sajam itu lantas dibawanya.
Adegan selanjutnya, pria warga Jalan Argo Tunggal, Dukuh Ledok, Kecamatan Argomulyo, menuju ke rumah kos Aang alias korban. Di teras kos, tersangka melihat sepasang sandal, yang diyakini sebagai sandal kekasihnya.
Sutopo lantas membuka pintu kos yang kebetulan tidak dikunci. Saat itulah, ia melihat Sri Hartati sedang berduaan dengan korban. Sri duduk menghadap tembok. Sedangkan Aang Warsito duduk di belakang Sri, sembari memegangi punggung pasangannya itu.
Melihat Sutopo datang, Sri berdiri. Saat itulah, tersangka kalap. Ia menusukkan pisau lipatnya sebanyak tiga kali mengenai pipi, pelipis kanan, dan leher kanan Sri. Akibatnya, Sri berdarah-darah dan tersungkur.
Refleks, korban berdiri. Ia hendak meredam amukan tersangka. Yang terjadi, tersangka justru menusuk korban, tepat di dada kiri dan perut.
Sembari memegangi perutnya yang berlumuran darah, korban hendak kabur. Namun, berhasil diseret tersangka. Korban akhirnya tewas.
Puas menganiaya kekasih dan pria yang menyelingkuhi pacarnya, Sutopo berjalan kaki menuju jalan raya. Ia lantas menyerahkan diri ke Polsek Tingkir.
Kepala Satuan Reskrim AKP Andie Prasetyo mengatakan, rekonstruksi untuk melengkapi berkas acara pemeriksaan tersangka Sutopo. (sas/isk)