Ribuan APK dan Bendera Parpol Dirazia

205

KENDAL-Ribuan alat peraga kampanye (APK) dan bendera partai politik (Parpol) di sepanjang Jalan Pantura Brangsong dan sekitarnya diturunkan paksa oleh Satpol PP Kendal, Panwaslu Kabupaten Kendal, dan KPUD Kendal. Lantaran melanggar Peraturan KPU nomor 15 tahun 2013.
Ketua Panwaslu Kendal, Supriyadi melalui Kasi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Ali Rozikin mengatakan bahwa penertiban alat peraga kampanye tersebut dipusatkan di tiga titik jalan Pantura Kendal.
“Kami melakukan penertiban di Kecamatan Patebon, Desa Jambearum dan Jalan Pantura Kecamatan Brangsong. Semuanya diturunkan paksa oleh petugas gabungan, karena surat peringatan dan himbauan tidak ditindaklanjuti para caleg maupun parpol yang bersangkutan,” katanya kepada Radar Semarang, Rabu (29/1) siang kemarin.
Menurut Ali, sebelumnya Panwaslu Kendal telah memberikan laporan temuan pelanggaran kepada KPUD Kendal. Dan pihak KPUD juga telah mengirimkan surat peringatan, namun tidak diindahkan oleh parpol maupun caleg yang bersangkutan.
“Hampir semua APK milik caleg dan parpol, berupa baliho, spanduk dan bendera partai, melanggarn aturan. Di antaranya, dipasang di sepanjang jalan pantura atau jalan protokol Kendal. Selain itu, banyak baliho caleg yang dipaku di pohon,” terangnya.
Ditambahkan, petugas gabungan dari Satpol PP, KPUD Kendal dan Panwaslu Kendal akan kembali menertibkan APK selama 3 hari ke depan. Pihaknya berharap kepada para caleg agar patuh terhadap aturan KPUD. “Besok (hari ini, red), kami akan konsentrasikan di Kecamatan Kaliwungu. Kemudian Jumat depan, kami akan membersihkan di wilayah Kecamatan Weleri,” bebernya. (den/ida)