Mulai Data Pemilih Khusus

95

UNGARAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang mulai melakukan pendataan pemilih khusus yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Selanjutnya, dimasukkan ke dalam daftar pemilih khusus (DPK) yang akan ditetapkan oleh KPU Provinsi Jateng untuk kepentingan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.
Menurut Ketua Devisi Pemutakhiran Daftar Pemilih, KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, saat ini KPU menyisir dan mendata pemilih yang tidak masuk dalam DPT. Daftar pemilih khusus tersebut nantinya akan ditetapkan oleh KPU Provinsi tujuh hari sebelum pencoblosan, 9 April 2014.
“Pendataan pemilih khusus sudah kami sosialisasikan melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) termasuk para pengurus partai politik (parpol) peserta pemilu di Kabupaten Semarang. Bagi masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih tetapi namanya belum masuk dalam DPT, agar melapor ke PPS di desa masing-masing,” ujar Masykup, Senin (28/1) pagi kemarin.
Lanjut Masykup, untuk sistem informasi data pemilih (Sidalih) daftar pemilih khusus telah diluncurkan KPU pusat pada 18 Januari 2014. Sehingga masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih bisa mengecek lewat website KPU dengan alamat www.kpu.go.id.
Sementara itu, data KPU Kabupaten Semarang untuk DPT hasil penyempurnaan yang ditetapkan pada 17 Januari 2014 sebanyak 744.958 orang. Jumlah pemilih tersebut mengalami pengurangan sebanyak 948 orang setelah ada penyempurnaan DPT sejak 29 November 2013 lalu. Berkurangnya pemilih karena meninggal dunia dan namanya ganda. (tyo/ida)