Surat Suara Tanpa Foto, Caleg Kecewa

249

PEKALONGAN-Puluhan calon anggota legislatif (Caleg) dari berbagai partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014 kecewa. Lantaran, surat suara yang akan digunakan dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti, tidak mencantumkan foto caleg.
Kekecewaan tersebut disampaikan Sekretaris DPC Partai Bulan Bintang (PBB), Kota Pekalongan, Eko Kurniawan, 42. Menurutnya, banyak caleg dari DPC PBB yang kurang dikenal masyarakat, lantaran sebagai parpol peserta Pemilu 2014 yang terakhir dikenal.
“Dengan tidak adanya foto atau gambar pada surat suara Pemilu 2014, jelas merugikan caleg baru dan menguntungkan caleg yang sebelumnya telah dikenal sebagai anggota dewan,” ungkap Eko.
Kendati demikian, kata Eko, partainya akan segera bekerja keras untuk memenuhi target perolehan 4 kursi di DPRD Kota Pekalongan. Pihaknya juga akan memperbanyak surat suara yang sesuai dengan surat suara aslinya dengan mencantumkan gambar partai, nomor urut dan nama caleg.
“Kami akan membuat surat suara yang mendekati aslinya untuk sosialiasi kepada calon pemilih. Ini dilakukan, agar pemilih tidak bingung ketika berada di bilik suara,” kata Eko yang juga ikut nyaleg.
Hal senada dikatakan Laras, caleg dari Partai Nasdem. Dia memprediksi akan banyak surat suara rusak, karena pemilih mencoblos lebih dari dua nama lantaran tidak tahu atau lupa dengan caleg yang akan dipilihnya.
“Dengan aturan seperti ini, untuk caleg pemula seperti saya perlu kerja ekstra keras untuk bisa duduk di kursi DPRD. Pasalnya, tanpa gambar dan foto dalam surat suara, menyulitkan dalam bersosialisasi,” tandas Laras.
Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan, Basyir, membenarkan banyak caleg yang mengeluh, karena surat suara Pemilu 2014 tanpa foto atau gambar caleg. Sesuai dengan amanat UU 8/2012, hanya caleg DPD saja yang ada foto atau gambarnya pada surat suara Pemilu 2014 nanti.
“Spesimen surat suara Pemilu 2014 yang telah kami sampaikan kepada pengurus parpol, sesuai UU 8/2012 memang tidak ada gambar caleg, hanya nomor urut dan nama. Itu berlaku pada surat suara DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi dan DPR RI. Kecuali caleg DPD memang ada gambar fotonya,” tegas Basyir saat menyampaikan sosialiasai tentang surat suara Pemilu 2014 pada pengurus parpol , Senin (27/1) siang kemarin. Dalam kesempatan tersebut, KPU juga membagikan contoh surat suara kepada semua pengurus parpol untuk disampaikan kepada masing-masing caleg. (thd/ida)