Kick Off Divisi Utama 15 April
SEMARANG – PT Liga Indonesia (LI) sebagai operator kompetisi Divisi Utama 2014 kemarin menggelar manager meeting di Surabaya. Sejumlah keputusan penting dihasilkan dalam pertemuan antar-manajer tim peserta kompetisi tersebut. Meski begitu, pembagian grup peserta yang ditunggu-tunggu ternyata belum diputuskan kemarin dan baru akan ditentukan pada manager meeting berikutnya 1 April mendatang.
Sementara untuk kick off kompetisi Divisi Utama 2014 diputuskan 15 April, atau satu pekan setelah pelaksanaan pemilu legislatif 2014 yang berlangsung 9 April.
Manajer Tim PSIS Wahyu “Liluk” Winarto mengatakan, poin penting dalam manager meeting kemarin adalah, PSIS harus kerja keras dalam mengarungi kompetisi berdurasi 10 bulan tersebut. Sebab persaingan sangat ketat.
“Akan ada 66 tim peserta, dibagi dalam delapan atau enam grup. Bila delapan grup, masing-masing akan berisi sembilan tim, sedangkan jika enam grup masing-masing grup akan dihuni 12 tim,” ujar Liluk.
Selanjutnya, menurut Liluk, pada setiap grup yang akan lolos ke babak 8 besar atau 12 besar hanya dua tim. “Nah, untuk masalah ini rencananya PSSI akan membahasnya dalam rapat Exco sebelum manager meeting kedua 1 April besok. Tapi intinya PSIS harus kerja keras, karena target awal yakni lolos 8 besar atau 12 besar harus dipenuhi dan itu tidak mudah,” tukas Liluk.
Ditegaskan Liluk, ada lima poin penting yang dibahas dalam manager meeting kemarin. Poin pertama, PT LI akan melakukan verifikasi kepada 66 tim anggota Divisi Utama musim ini pada bulan Februari mendatang. Verifikasi menyangkut kesiapan stadion serta aspek financial, di mana akan diverifikasi apakah klub masih punya tunggakan gaji atau tidak.
Poin lainnya, rancangan jadwal akan mulai diluncurkan 17 Maret, kemudian 1 April akan ada manager meeting lanjutan termasuk untuk pembagian grup. Yang masih menjadi pembahasan alot dan masih belum ada penyelesaian dalam manager meeting kemarin adalah pembahasan soal penggunaan pemain asing serta sistem promosi dan degradasi Divisi Utama.
Untuk pemain asing, musim ini diwacanakan tim-tim hanya boleh menggunakan dua legiun asing di tim mereka. Itu berbeda di musim-musim sebelumnya di mana diperbolehkan menggunakan tiga pemain asing.
Kemudian untuk promosi dan degradasi masih dalam perdebatan. Wacana saat ini, dua atau empat tim akan promosi. Kemudian tim yang degradasi, dalam manager meeting kemarin diwacanakan 16 tim akan turun kasta ke Divisi I. (bas/smu)