Asah Kepedulian Sosial Siswa

133

BOJONG SALAMAN – SMA Kesatrian 1 Semarang menyantuni 1.004 anak yatim dan 9 fakir miskin dalam acara Dzikir Bersama dan Penyantunan Anak Yatim bersama Ustad Arifin Ilham, Senin (27/1) di pelataran sekolah tersebut. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW itu ditujukan untuk melatih kepedulian sosial para siswa.
Kepala SMA Kesatrian 1 Semarang, Totok mengatakan ribuan anak yatim yang disantuni berasal dari berbagai panti asuhan dan pondok pesantren di Kota Semarang. Selain itu mereka juga memberi santunan bagi 9 penyapu jalan dan pengambil sampah. ”Jumlah santunan per orang Rp 100 ribu. Khusus anak yatim mendapat tambahan buku tulis,” katanya. Dana santunan diambil dari infak pengurus yayasan, guru, karyawan, orang tua siswa, dan alumni.
Menurutnya acara itu digelar untuk meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW yang dermawan, suka berbagi, dan sangat peduli sosial. ”Kami ingin mengajari siswa agar mempunyai kepedulian sosial yang tinggi,” imbuhnya.
Totok menambahkan kegiatan amal di sekolah tersebut sudah berlangsung rutin. Dalam seminggu ada 2 hari yang dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut. Yaitu Jumat Beramal yang digunakan untuk menyantuni anak yatim dan Senin Beramal untuk membantu siswa yang miskin kurang mampu. ”Sebentar lagi anak-anak juga akan menghimpun makanan bayi, pakaian dalam, dan mi instan untuk diberikan kepada korban bencana longsor di Desa Trangkil,” tandasnya. (ric/ton/ce1)