797 TNI Digembleng Teritorial

170

MAGELANG— Pendidikan teritorial dinilai sangat penting bagi prajurit TNI Angkatan Darat. Materi ini akan menjadi salah satu bekal korps loreng itu dalam menjaga keutuhan wilayah dan saat terjun dalam masyarakat.
Hal itu diungkapkan oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen Sunindyo melalui Wakil Komandan Rindam IV Letkol Inf Achmad Basar saat pembukaan pendidikan pembentukan bintara khusus di Lapangan Rindam Kota Magelang, kemarin. Ada 797 anggota TNI AD di jajaran Kodam IV Diponegoro yang mengikuti pendidikan itu.
Achmad Basar mengatakan, sebagai calon bintara regular teritorial ditekankan agar segera mengubah sikap, perilaku dalam kehidupan. Juga cara berfikir dari seorang tamtama menjadi bintara yang dapat dibanggakan. “Melalui pendidikan ini, kalian akan dipersiapkan menjadi babinsa yang profesional di satuan kewilayahan,” katanya.
Hal penting lainnya yang harus dipahami dan diwujudkan oleh para peserta adalah mewujudkan lima kemampuan teritorial yang dimiliki secara profesional. Untuk itu, pihaknya minta selama mengikuti pendidikan ini, mereka memiliki rasa tanggung jawab, kesungguhan hati dan kesiapan pfisik serta mental. Dengan demikian, mereka dapat mengikuti pendidikan ini dengan lancar.
”Manfaatkan waktu selama empat minggu ini dengan seefektif mungkin. Ikuti dan patuhi petunjuk para pelatih agar memperoleh bekal keterampilan dan pengetahuan guna keberhasilan dalam melaksanakan tugas di satuan nanti,” pintanya.
Dalam kesempatan ini, pihaknya juga mengingatkan bahwa sebagai seorang calon bintara, kedudukan mereka merupakan penghubung antara perwira dan tamtama. “Karena itu, jadilah teladan bagi tamtama, baik cara berfikir maupun bertindak,” tegasnya. (vie/lis)