Tetap Aktif Pimpin Ormas

98

YAMI Blumut merupakan sarjana pertanian dari Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto. Meski alumni bidang pertanian, ia lebih banyak aktif sebagai pekerja sosial. Karena itulah, namanya di Kabupaten Temanggung selain dikenal sebagai anggota KPU setempat, merupakan pria yang aktif di organisasi kepemudaan dan keagamaan.
Tak hanya itu, pria kelahiran Temanggung, 15 Desember 1969 ini, adalah guru di Madrasah Aliyah Mualimin Parakan. Biasanya, seusai mengajar, baru habiskan waktunya di kantor KPU Temanggung untuk menjalankan tanggung jawabnya sebagai anggota. “Berat memang, tetapi sekarang saya harus mengundurkan diri dari guru untuk sementara waktu. Karena kesibukan menjelang pemilu,” kata bapak dua anak asal Lereng Gunung Sindoro, Dusun Ngadigunung, Desa Tuksari, Kecamatan Kledung.
Kendati tidak ada pekerjaan, hadir di kantor KPU adalah kewajiban harian bagi Yami. Totalitas dalam bekerja mengikuti petunjuk ulama-ulama besar seperti KH Hasyim Asy’ari adalah prinsip hidup. “Harus tetap hadir di kantor, karena itu tanggung jawab saya,” lanjut suami Kuci Oktaviani ini.
Demikian pula setelah pulang kantor, ayah dari Naqiya Alivia dan Muhammad Bagus Panuntun ini, tidak lantas pulang ke rumahnya. Masih ada tanggung jawab lagi, sebagai ketua GP Ansor Kabupaten Temanggung. Bahkan dirinya kerap sibuk mengadakan kegiatan keagamaan di berbagai kecamatan. “Tanggung jawab harus dijalankan dengan penuh. Tidak setengah-setengah. Karena itu merupakan amanah yang harus dijalankan,” kata Wakil Ketua KNPI Temanggung ini.
Yami yang mengambil gelar S2 di bidang pertanian di Unsoed juga, tetap berusaha mengaplikasikan pengetahuannya di bidang pertanian. Dia tak segan mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi pertanian dengan pendekatan peningkatan produktifitas hasil. Tidak hanya itu, ia juga aktif di Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) untuk menularkan pengetahuan pertaniannya. ”Orang tua saya mengajarkan untuk mencari ilmu dan menularkannya. Makanya, itu terus saya lakukan,” tandasnya. (baz/ida)