SEMARANG – Hingga kemarin Stasiun Kereta Api Tawang Semarang belum bisa difungsikan untuk melayani penumpang. Banjir sudah empat hari melumpuhkan Tawang, mulai dari akses masuk keluar stasiun Tawang hingga rel kereta api.
Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, Eko Budianto mengatakan, untuk sementara ini, semua pelayanan untuk penumpang kereta dialihkan ke Stasiun Poncol. Genangan air tidak hanya terdapat di Stasiun Tawang, namun hingga jalur Alas Tuwo. Karena genangan setinggi 7 cm hingga 12 cm tersebut, perjalanan kereta api menjadi terhambat. Mulai dari Alas Tuwo hingga Poncol yang berjarak sekitar 12 km, kecepatan kereta hanya 5 km per jam.
Selain karena kecepatan yang sangat pelan, untuk jalur kereta api pun masih menggunakan satu jalur, sehingga harus bergantian dengan kereta api dari arah berlawanan. ”Terpaksa kami jalan pelan-pelan, karena ketinggian air sudah melebihi kop rel,” kata dia, kemarin.
Diakuinya, hal tersebut mendatangkan kerugian bagi PT KAI Daop 4, karena keterlambatan jadwal pemberangkatan kereta tersebut. ”Sebetulnya rel sudah ditinggikan antara 30 cm hingga 40 cm, namun ternyata masih terkena banjir,” ujarnya. (ars/smu/ce1)