Pantau Gang Sempit Pakai Sepeda

138

WONOSOBO – Sejumlah jalan kampung di Kota Wonosobo, tergolong sempit. Hanya cukup dilalui pejalan kaki. Untuk memaksimalkan sistem pengamanan, Satuan Sabhara Polres Wonosobo meluncurkan kegiatan patroli bersepeda.
Dengan penggunaan sepeda kayuh, selain petugas bisa masuk ke sejumlah kampung, juga mendukung program Wonosobo Green City (kota hijau).
Menurut Kapolres Wonosobo AKBP Agus Pujianto, dari hasil pantauan di sejumlah kampung di kota Wonosobo, tidak semua lingkungan bisa dilalui kendaraan roda empat. Kondisi jalan kampung sempit, untuk memaksimalkan pantauan keamanan, pihaknya meluncurkan program patroli bersepeda.
“Dengan sepeda, petugas bisa menjangkau gang-gang kampung yang sempit,”katanya.
Di samping itu, kata Agus, dengan patroli sepeda juga akan menekan angka kemacetan di sejumlah jalan raya yang padat. Tak hanya itu, patroli bersepeda juga untuk mendukung program Pemkab Wonosobo menuju kota hijau.
“Hal ini juga bagian dari ajakan kepada masyarakat, apabila ingin bepergian dengan jarak tidak jauh, cukup menggunakan sepeda kayuh, agar menekan polusi udara,” paparnya.
Sebagai program awal, Agus menegaskan di Polres Wonosobo baru Satuan Sabhara, ke depan program ini juga akan dilakukan oleh satuan lain dalam melakukan aktivitas kerja. Termasuk sejumlah petugas di tingkat polsek.
“Ini masih program uji coba, kalau efektif akan diberlakukan di semua satuan, termasuk Satlantas,” tuturnya.
Kepala Satuan Sabara AKP Sutopo menambahkan, pelaksanaan patroli bersepeda merupakan wujud mendekatkan pelayanan Polri kepada masyarakat. Selain itu pelaksanaan patroli bersepeda ini juga guna mendukung program respons cepat terhadap laporan masyarakat.
“Dengan memakai sepeda, patroli menjangkau kampung-kampung diharapkan akan menekan tindak kriminal,” terangnya.
Patroli bersepeda ini, kata Sutopo, akan dilaksanakan setiap hari pada jam-jam tertentu dengan rute wilayah kota Wonosobo terutama jalan-jalan sempit maupun area kemacetan yang belum terjangkau oleh patroli kendaraan bermotor.
“Sementara jangkauannya masih di wilayah kota Wonosobo. Namun tidak menutup kemungkinan ke depan, area jangkauan patroli bersepeda akan diperluas,” pungkasnya. (ali/lis)