Kodam Tambah 2.000 Personel ke Lokasi Bencana

131

BANYUMANIK – Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro menyiapkan 2.000 prajurit TNI AD untuk menambah bantuan di lokasi bencana alam. Ribuan prajurit tersebut terdiri atas personel Kodam, Kopassus, Kostrad, Akmil, Pusdik, Skadron Penerbad dan Lanumad. Total sebanyak 7.500 prajurit TNI AD diterjunkan ke lokasi bencana yang melanda beberapa wilayah di Jawa Tengah.
Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo mengaku sudah menerjunkan prajurit sejak bencana melanda. Prajurit yang dikerahkan tersebut melibatkan pangkat tertinggi sampai terendah. ”Semua turun, termasuk panglima. Sebagian sudah berada di lapangan. Ini hanya tambahan saja,” katanya, Jumat (24/1).
Sebelum diterjunkan, ribuan prajurit tambahan tersebut terlebih dahulu diperiksa kelengkapan dan kesiapannya. Kelengkapan yang diperiksa tersebut meliputi, atribut prajurit, mulai dari kerapian hingga peralatan penting seperti dapur umum dan obat-obatan. ”Tadi kami lakukan apel siaga bencana alam. Dalam apel itu, kami memeriksa kesiapan prajurit,” terangnya usai apel bencana alam di Lapangan Parade Makodam, Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang. (har/mg2/jpnn/ton/ce1)