538 Caleg Rebutkan 50 Kursi Dewan

288

KPU Siapkan Berbagai Metode Sosialisasi
SEMARANG-Persiapan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada April mendatang, terus dimatangkan oleh KPU Kota Semarang. Tercatat ada 538 calon legislatif (Caleg) dari 12 partai politik (Parpol) yang memperebutkan 50 kursi DPRD Kota Semarang. Mereka terbagi di 6 daerah pemilihan (Dapil). Sedangkan total pemilih di Kota Semarang ada 1.100.209 orang.
Ketua KPU Kota Semarang, Hendry Wahyono mengungkapkan bahwa masing-masing dapil berbeda jumlah kursi yang diperebutkan. Di dapil 1 meliputi Kecamatan Semarang Barat dan Selatan terdapat 7 kursi, di dapil 2 meliputi Kecamatan Semarang Utara, Timur dan Semarang Tengah, ada 9 kursi. Di dapil 3 meliputi Kecamatan Pedurungan, Genuk, dan Gayamsari terdapat 11 kursi. Di dapil 4 meliputi Kecamatan Tembalang dan Candisari ada 7 kursi yang diperebutkan.
Demikian juga dengan dapil 5 yang meliputi Kecamatan Banyumanik, Gunungpati, dan Gajahmungkur terdapat 9 kursi. Sementara di dapil 6 yang meliputi Kecamatan Ngalian, Mijen, dan Tugu ada 7 kursi. “Karena itu, kami berharap kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, bisa menggunakan haknya dalam pesta demokrasi mendatang,” harapnya.
Sementara itu, terkait langkah menekan angka golput (golongan putih), KPU telah menyiapkan sejumlah metode sosialisasi. Di antaranya, melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemilihan umum sesuai dengan undang-undang. ”Kami juga akan melakukan sosialiasi kepada masyarakat melalui sejumlah kegiatan. Seperti jalan sehat yang akan diselenggarakan pada bulan Maret mendatang, sosialisasi saat car free day, dan melalui kotbah Jumat,” terang Hendry.
Tak hanya itu, kata Hendry, sejumlah relawan demokrasi juga akan diturunkan untuk turut melakukan sosialisasi secara sekmentasi. “Misal pemilih wanita, pemilih pemula di kalangan pelajar, kaum difabel, pemilih keagamaan dan sebagainya. Berbagai cara sosialisasi akan kami lakukan untuk menekan angka golput,” tandasnya. (zal/ida)