Targetkan 100 Persen Lulus

97

KENDAL – Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, pada 2014 ini menargetkan angka kelulusan ujian nasional (unas) 100 persen dan diharapkan bisa meraih peringkat pertama se-Jawa Tengah. Namun target ini terkendala kepada siswa kejar paket yang biasanya tidak mendapatkan izin libur kerja untuk mengikuti ujian.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal Muryono mengatakan, dinas akan memberikan bimbingan belajar agar siswa kejar paket bisa lulus unas. “Kita akan berikan bimbingan belajar kepada mereka, namun selama ini siswa kejar paket biasanya sudah bekerja dan tidak bisa izin untuk mengikuti ujian. Ini adalah salah satu kendala dalam mencapai target yang dicanangkan,” katanya, Kamis (23/1).
Lebih lanjut dikatakan, dinas akan mendekati perusahaan agar memberi izin libur kerja pada siswa kejar paket yang mengikuti unas. “Selain itu kami akan memberikan fasilitas try out kepada mereka. Kami juga akan memastikan kondisi siswa agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan di tahun lalu terdapat satu orang siswa SMP dan SMA yang tidak lulus,” jelasnya. Sosialisasi unas akan dilakukan lebih dini kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kendal agar target yang dicanangkan bisa terwujud.
Sementara itu, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti menegaskan, target kelulusan 100 persen harus tercapai. Ia juga meminta Dinas Pendidikan untuk membentuk tim sukses yang solid agar target bisa tercapai. “Saya minta Dinas Pendidikan untuk serius dan bisa mencapai target yang dicanangkan,” katanya. (den/ton)