Jalan Pringapus Diperbaiki

127

UNGARAN — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang merespons kerusakan Jalan Syech Basarudin yang menghubungkan Kecamatan Bergas dengan Desa Pringapus.
Hasil evaluasi, amblesnya gorong-gorong karena beton yang belum cukup umur, sudah dibuka sehingga terjadi kerusakan. Kini, DPU mulai melakukan pengerjaan pencetakan beton penutup gorong-gorong.
Kepala DPU Kabupaten Semarang, Totit Oktorianto, mengatakan, amblesnya jalan karena beton penutup gorong-gorong ambrol. Sebab umur teknis beton belum cukup, tapi sudah digunakan. Akibatnya, beton tidak kuat menahan beban dan ambrol.
Mestinya, menurut Totit, beton tersebut harus didiamkan sampai cukup umur untuk dilalui kendaraan berat.
”Namun, karena masyarakat ingin segera dibuka, sehingga dipaksakan untuk dibuka. Padahal, belum saatnya untuk dilalui kendaraan, akhirnya beton penutup gorong-gorong di bawah jalan ambrol.”
Saat ini, klaim Totit, pihaknya menerapkan metode baru. Yakni, cetak beton di luar lokasi kerusakan. Setelah beton cukup umur, baru dipasang.
”Kami sudah action untuk mengerjakan kerusakan jalan, termasuk di Susukan dan Sidomulyo.”
Disinggung soal kerusakan, Totit menyatakan, segera diperbaiki. ”“Segera kita perbaiki dengan anggaran pemeliharaan rutin. Untuk pengerjaannya menunggu kemarau, mungkin pertengahan 2014.”
Seperti diberitakan sebelumnya, warga Pringapus dan sekitarnya mengeluhkan rusaknya Jalan Syech Basarudin yang menghubungkan Kecamatan Bergas dengan Desa Pringapus. (tyo/isk/ce1)