SEMARANG — Sebanyak 30 foto karya mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unissula dipamerkan di pendapa Sobokartti, kemarin. Mengusung tema Yuk Semarangan, puluhan karya ini menyajikan berbagai sisi tentang Semarang.
Mulai sejumlah tempat wisata yang menjadi ikon Kota Atlas, hingga sisi kehidupan hingga kuliner. Seperti dua foto Sam Poo Kong, kemudian sudut-sudut Kota Lama dan tak ketinggalan, lunpia, sebagai kuliner khas Semarangan.
Sebagian besar foto, merupakan hasil jepretan para pemula. Kendati demikian, sebelum dipamerkan, telah melalui proses seleksi. Meliputi kesesuaian tema, angle, serta sisi estetika foto.
Ketua panitia acara, Adi Lutfi Wiguna mengatakan, pameran ini diharapkan bisa lebih memopulerkan potensi-potensi wisata di Semarang. Foto-foto yang menggambarkan keindahan maupun kegiatan seni di Kota Semarang, akan menjadi referensi bagi mereka yang ingin berwisata.
”Orang kalau mau berwisata, biasanya mencari referensi dulu. Salah satunya dengan melihat foto. Nah, di sini kita tampilkan berbagai sisi dari Kota Semarang,” ujarnya.
Pun, Sobokartti sebagai lokasi yang mereka pilih untuk pameran. Tujuannya, lebih mengenalkan bangunan bersejarah itu kepada masyarakat. ”Kami pilih tidak hanya karena dekat kampus, tapi juga karena tempat ini cukup potensial untuk lebih dikenal,” sambung Ketua Sie Acara, Ilham Setyawan.
Selain pameran, mereka juga menggelar diskusi bersama komunitas fotografer. ”Sebagian besar dari kami masih pemula, jadi bisa dibilang foto yang kami pajang ini masih apa adanya. Sehingga masukan dari sejumlah pihak sangat kami harapkan.” (dna/isk/ce1)