Angsuran Macet
WONOSOBO – Polres Wonosobo menangkap Soyin Diarto, 49 , warga Desa Grugu Kecamatan Kaliwiro. Pelaku diduga melakukan penipuan terhadap Yulianto, 29, warga Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro. Modusnya dengan meminjam nama korban untuk meminjam uang dari BMT Marhamah senilai Rp 40 juta.
Kapolres Wonosobo AKBP Agus Pujianto melalui Kasubag Humas AKP Widayatno mengatakan, bahwa modus penipuan oleh pelaku terhadap korban, dengan meminjam nama korban untuk mengajukan pinjaman ke bank. Kasus berlangsung pada Juni tahun 2011. Pelaku datang ke rumah korban, sambil membawa sebuah BPKB kendaraan truk nomor AA 1472QF yang diakui miliknya.
“Kedatangan pelaku bertujuan untuk meminta bantuan kepada korban guna mengajukan pinjaman ke BMT Marhamah Kaliwiro namun atas nama korban,”katanya.
Karena sudah saling mengenal, kata Widayatno, korban menurut saja, apalagi pelaku berjanji akan rajin mengangsur, korban kemudian memenuhi permintaan pelaku. Setelah uang pinjaman dari BMT Marhamah Kaliwiro sejumlah Rp 40.000.000 turun, uang tersebut langsung diserahkan kepada pelaku.
“Namun angsuran dari pelaku macet. korban terus ditagih BMT Marhamah karena pinjaman yang diajukan atas namanya. Korban sudah berusaha untuk meminta pertanggungjawaban pelaku namun tidak berhasil menemui pelaku,”katanya.
Setelah diperiksa oleh polisi, kata Widayatno, pelaku mengaku, uang hasil pinjaman Rp 40 juta itu, diberikan kepada istrinya sejumlah Rp 30 juta. Sedangkan sisanya digunakan untuk modal berjualan. Namun ternyata usaha yang dilakukan pelaku tidak berjalan mulus.
“Pelaku hanya sanggup membayar bunga pinjamannya selama 4 bulan pertama. Sedangkan sisanya telah ludes. Pelaku bersama istrinya kemudian melarikan diri ke Kalimantan,” jelasnya.
Setelah melakukan penyelidikan cukup lama, pelaku kemarin ditangkap, saat pulang ke rumahnya di Kaliwiro. Hingga saat ini pelaku masih mendekam di ruang tahanan Polres Wonosobo guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun. (ali/lis)