SALATIGA—Puluhan mobil dinas pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Salatiga, Selasa (21/1), pukul 08.00, mendadak diperiksa oleh Sekda Agus Rudianto di halaman Pemkot, saat apel pagi. Sekda sempat menegur dan memperingatkan pejabat yang mobilnya kemproh dan tidak terawat.
Sedikitnya, 25 mobil dinas diteliti oleh petinggi Pemkot itu. Sekda memerintahkan agar seluruh mobil milik pejabat eselon II di bawah sekda, dicek fisik dan perawatannya. Mobil yang diperiksa, paling tua keluaran 2005.
“Kebersihan dan perawatan mobil dinas bagi pejabat eselon II menjadi bagian dari identitas diri. Harus dijaga dengan baik, jangan kemproh (jorok, red) begini,” tandas Agus Rudianto saat mengecek mesin mobil pejabat.
Pemeriksaan mendadak dilakukan agar pejabat pemegangnya, selalu ingat dan tahu merawat mobil yang anggarannya diambil dari negara. Sekda berharap kondisi mobil tetap baik.
Kabag Humas Pemkot Salatiga Adi Setiarso usai pemeriksaan mengatakan, pemeriksaan meliputi oli pelumas mesin, oli rem, air accu dan kebersihan mesin.
“Pak Sekda juga sempat menegur beberapa pejabat eselon II yang tidak peduli dengan kendaraan dinas roda empat yang dipakainya. Sekda mengetahui air accu menipis dan oli rem kurang diperhatikan sehingga bisa membahayakan.” (sas/isk)