PEKALONGAN — Delapan blok Lapas Kelas II A Pekalongan kemarin dirazia petugas Kanwil Hukum dan HAM Jateng bersama Polresta Pekalongan.
Hasilnya mencengangkan. Petugas berhasil menyita narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi, 2 tabung elpiji ukuran 3 kilogram, ponsel, dan belasan senjata tajam.
Razia terhadap warga binaan dilakukan, setelah sebelumnya sebanyak 400-an penghuni lapas tak bersedia dievakuasi. Padahal, kondisi lapas terendam banjir, dengan ketinggian 1,5 meter.
Kepala Lapas Kelas II A Pekalongan, Suprapto, mengungkap, razia dilakukan oleh tim gabungan. Terdiri atas Satgas Kanwil Hukum dan HAM Jawa Tengah bersama Polresta Pekalongan. Juga petugas keamanan Lapas Kelas II A Pekalongan.
Dikatakan, dari 8 blok yang ada, hanya 2 blok saja yang menyimpan benda terlarang, yakni blok 4 dan blok 5. ”Delapan blok yang diperiksa, blok 4 menyimpan tabung gas elpiji dan alat penggorengan. Sedang blok 5 ditemukan bong pengisap, sabu-sabu, serta 3 butir pil ekstasi berwarna merah,” ungkap Suprapto.
Suprapto mengatakan, semua barang milik warga binaan telah disita. Bagi penghuni blok 4 dan blok 5 yang memiliki barang terlarang tersebut, langsung dipisahkan dengan penghuni lain. Mereka menempati sel isolasi.
”Warga binaan yang melanggar, langsung mendapatkan sanksi, menempati sel khusus atau sel isolasi.”
Kabag Humas Polresta Pekalongan AKP Purwanto menuturkan, sebanyak 15 anggota Polsek Pekalongan Utara ikut bergabung dalam razia.
Purwanto mengatakan, selain menemukan narkoba jenis sabu dan pil ekstasi, pihaknya juga menemukan senjata tajam yang disimpan di kamar blok 4 dan 5. ”Dalam razia, petugas juga menemukan uang tunai pada blok 5, sejumlah Rp 1,7 juta.”
Khusus penemuan narkoba dan ekstasi, ditangani Tim Satuan Narkoba Polresta Pekalongan. ”Alat isap berupa bong dan barang bukti narkoba kini ditangani oleh Satuan Narkoba.”
Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko bersama Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad, Selasa (21/1) kemarin juga melakukan kunjungan ke lapas. Dua pejabat publik itu melihat langsung kondisi lapas yang terendam banjir setinggi 1,5 meter. (thd/isk/ce1)