Relawan Hijaukan Daerah Resapan

81

MUNGKID– Relawan dari berbagai komunitas di Kabupaten Magelang menggelar aksi penghijauan di lereng Gunung Merapi. Mereka menanam sedikitnya 5000 tanaman di kawasan resapan air.
Sejumlah relawan yang terlibat diantaranya Komunitas Relawan Merapi-Merbabu, Empat Sekawan, Komunitas Relawan Independent (KRI) Boyolali, RYM Humanity Jogja, Campala Dhemit, Laskar Jurnalis Merapi, OPRB Sengi, Jajaran Bintang, dan mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip). “Ada 5000 tanaman dari jenis gayam yang kita tanam di sisi barat Merapi,” kata Koordinator Komunitas Relawan Merapi-Merbabu Hijau Jatmiko, kemarin.
Penghijauan dilaksanakan di seputaran sabodam Klampahan dan bumi perkemahan Kedung Kayang Wonolelo Kabupaten Magelang, Minggu kemarin. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan daerah resapan air.
“Pascaerupsi 2010 lalu pepohonan di sini mulai makin jarang. Padahal ini adalah daerah resapan air,” katanya.
Disebutkan bahwa para relawan memilih jenis tanaman gayam karena gayam bisa berfungsi untuk konservasi air. “Para mahasiswa tersebut kebetulan sedang KKN di Sawangan dan Gondosuli, Muntilan. Mereka juga peduli dengan kelestarian alam Merapi sehingga kami libatkan,” kata dia.
Relawan Linang Sayang Comunication (LSC) Yoga menambahkan bahwa erupsi Merapi 2010 menyebabkan banyak mata air yang rusak dan mati. Lapisan abu vulkanik tebal menyebabkan air hujan tidak bisa menyerap ke dalam tanah dan justru menjadi air larian dan terbuang ke sungai. (vie/lis)