Kali Keempat, KPU Kembali Tegur Caleg

131

TEMANGGUNG — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Temanggung kembali mengajukan surat teguran kepada partai politik (Parpol) dan calon anggota legislatif (Caleg). Teguran tersebut merupakan teguran kali keempat yang dilayangkan KPU setelah tidak mendapatkan tanggapan positif. Surat teguran tersebut dilayangkan Jumat (17/1) kemarin.
”Kami sudah empat kali mendapatkan rekomendasi dari Panwaslu. Intinya banyak pelanggaran penempatan alat peraga kampanye. Terakhir dari Panwaslu dua hari yang lalu. Hari ini (kemarin, Red) kami melayangkan surat teguran terakhir kepada parpol dan caleg untuk membersihkannya,” kata Komisioner KPU Temanggung, Yami Blumut.
Ia mengatakan, dari rekomendasi yang diberikan oleh Panwaslu, selain dilayangkan kepada parpol dan caleg, juga diberikan rekomendasi serupa kepada Satpol PP Kabupaten Temanggung untuk melakukan penertiban. Apabila teguran keempat kembali tidak ditanggapi.
”Kami memberikan deadline kepada parpol dan caleg untuk membenahi sampai tanggal 22 Januari 2014. Kalau sampai pada tanggal tersebut tidak ada tanggapan, kami memberikan wewenang kepada Satpol PP untuk membredel,” katanya.
Ia mengatakan, dari rekomendasi tersebut pihaknya juga melakukan tinjauan lapangan ke enam kecamatan di Kabupaten Temanggung. Hasilnya, ditemukan beberapa jenis pelanggaran yang dilakukan oleh caleg dalam media kampanyenya. ”Pelanggaran tersebut berupa pelanggaran administratif,” terangnya.
Ia mengatakan, jenis pelanggaran yang ditemukan adalah alat peraga yang digunakan caleg tidak sesuai peraturan, yakni menggunakan bahan banner bukan kain sebagaimana yang ada pada PKPU. Selain itu, pelanggaran perda juga terlihat dengan adanya pemasangan alat peraga di pohon perindang jalan dan berada di depan kantor desa atau kelurahan.
”Kami sudah memberikan batasan waktu kepada parpol maupun caleg untuk menertibkan sendiri dan membenahi yang tidak sesuai. Tetapi kalau mereka tidak mengikuti peraturan yang ada, kami harus menertibkan melalui Satpol PP,” tandasnya. (zah/ida/ce1)