Banjir Rendam 260 Rumah

178

DEMAK–Hujan deras dalam beberapa hari ini di wilayah Demak membuat rumah warga di Desa Sayung, Kecamatan Sayung terendam air. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, rumah warga yang kebanjiran tercatat ada 260 rumah. Dengan rincian, di Sayung Wetan 10 rumah, Sayung Lor 30 rumah, Sayung Kidul 60 rumah, Sayung Kulon 100 rumah. Kemudian, di Dukuh Babadan sebanyak 10 rumah, Dukuh Ngepreh 10 rumah dan Lengkong 40 rumah. Sebuah ponpes di Desa Sayung juga kebanjiran.
Kepala BPBD Demak Bambang Saptoro mengatakan, bantuan logistik telah dikirimkan ke balai desa setempat. “Kita bantu logistik,”terang Bambang, kemarin (20/1).
Pelaksana lapangan, Suprapto mengungkapkan, banjir terdalam dengan ketinggian 50 cm dari lantai rumah. Menurutnya, selain rumah, banjir akibat meluapnya Kali Penceng Desa Kalisari, Kali Ngepreh Sayung dan Kali Dombo ini juga merendam 200 hektare areal persawahan, 50 hektare tambak, serta SDN 1,3 dan 4 Sayung. “Jadi, banjir ini limpasan dari beberapa kali atau sungai yang membelah Desa Sayung tersebut,” terang Suprapto. (hib/ton)