Siswa SMA Dibantu Rp 85 Ribu/Bulan

126

SALATIGA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Salatiga menaikkan anggaran dan jumlah penerima bantuan siswa miskin (BSM) tingkat SMA. Per siswa, akan menerima bantuan Rp 85.000/bulan. Jumlah penerima BSM naik menjadi 1.200 anak.
“Pada 2013 lalu, jumlah penerima BSM tingkat SMA sebanyak 810 siswa. Adapun dana bantuan yang diterima setiap siswa senilai Rp 65 ribu per bulan,” terang Kepala Disdikpora Kota Salatiga, Tedjo Supriyanto.
Dana tersebut berasal dari APBD Pemkot Salatiga. Para siswa juga akan menerima bantuan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jateng. Namun, besaran bantuan dari BSM dan Pemprov Jateng belum dipastikan; apakah sama dengan tahun lalu (2013) atau naik.
Tedjo meminta kepada para orangtua siswa penerima BSM agar memanfaatkan uang bantuan dengan baik. Ia berpesan, dana BSM jangan digunakan untuk kebutuhan di luar pendidikan anak.
“Kami mendapat laporan, ada beberapa orang tua menyalahgunakan dana BSM. Ini jangan sampai terulang lagi. Saya minta dana tersebut digunakan sesuai peruntukan. Yang jelas, jangan sampai anak kesulitan soal fasilitas kebutuhan pokok bersekolah, seperti sepatu seragam dan sebagainya.”
Kasi Kesiswaan Pendidikan Menengah Disdikpora Salatiga Windiarti menambahkan, pada 2013 lalu, Disdikpora mendapat bantuan dana program BSM dari Pemprov Jateng untuk 215 siswa. Nilainya, Rp 1 juta per siswa.
“Bantuan sudah kami salurkan kepada seluruh siswa penerima BSM. Untuk 2014 ini, kami sudah mengajukan usulan ke Pemprov Jateng dengan jumlah penerima dan nilai nominal yang sama. Mudah – mudahan usulan kami bisa disetujui dan ditambah.”
Untuk program BSM tingkat SMA 2013 non-Kartu Pengendalian Sosial (KPS) dicairkan mulai Rabu (15/1) lalu. Pencairan baru bisa dilakukan pada Januari, lantaran anggarannya baru turun dari Pemprov Jateng pada pertengahan Desember 2013 lalu. (sas/isk)