Pencuri Kotak Amal Ditangkap

147

WONOSOBO—Petugas Polsek Selo­merto, berhasil membekuk pencuri kotak amal untuk pembangunan Masjid Al Hikmah Desa Balekambang. Pelaku tiga orang yakni, Duta Supriyadi, 24 , warga Kedalon, Kalikajar; M. Zaenal Abidin, 27, warga Ngedok, Wonosobo Barat, dan satu orang lagi insial HR masih buron.
Pencurian kotak amal berisi uang Rp 2 juta ini, berlangsung di kios kelontong H. Martono di Desa Balekambang Kecamatan Selomerto. Aksi pencurian ini berlangsung 27 November 2014 sekitar pukul 05.00, namun proses penyelidikan cukup lama dan pelaku baru berhasil ditangkap kemarin.
“Ketiga pelaku, mencuri pada saat membeli rokok di warung itu, pemilik toko menyadari kotak amal hilang setelah beberapa hari kemudian,” kata Kasubag Humas Polres Wonosobo AKP Widayatno kemarin (16/1).
Dijelaskan, awal mula penc­urian, sekitar pukul 05.00 WIB, saat itu, ketiga pelaku, usai ber­kunjung dari Wadaslintang bermaksud pulang ke Kalikajar. Kemudian, melintas di Bale­kam­bang menggunakan mobil Xenia. Saat melintas di Balekambang, mampi ke warung kelontong H Martono.
“Pada saat itu, pelaku Duta turun dari mobil dan bermaksud membeli rokok. Namun pada saat pemilik toko lengah, pelaku mengambil kotak amal pembangunan Masjid Al Hikmah yang ada di toko tersebut dan langsung lari ke dalam mobil,” katanya.
Setelah memasukan kotak amal, kata Widayatno, ketiganya meninggalkan lokasi. Mobil dikemudikan oleh HR. Akibat hal ini panitia pembangunan Masjid Al Hikmah Balekambang mengalami kerugian Rp 2.000.000. “Setelah berhasil mencuri, para pelaku kembali ke rumah masing-masing, serta uang hasil kejahatannya dibagi rata,” ujarnya.
Saat ini, dua pelaku sudah ditahan di Mapolres Wonosobo, sedangkan satu orang berinisial HR, sudah ditetapkan masuk daftar pencarian orang (DPO) alias buron. Dari catatan polisi, para pelaku juga pernah terlibat kasus pengeroyokan. “Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tandasnya. (ali/lis)