Juwono Gantikan Bambang Sukarno

202

TEMANGGUNG—Politisi Par­tai De­mokrasi Indonesia Per­juangan (PDIP) Juwono akhir­nya menjadi anggota DPRD Temanggung menggantikan Bambang Sukarno yang kini menjabat sebagai Bupati Temanggung. Peresmian Juwono tersebut dinobatkan dalam sidang paripurna istimewa DPRD Temanggung yang digelar pagi kemarin (15/1).
Dalam persidangan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Mukhamdi, dihadiri pula oleh Bupati Temanggung Bambang Sukarno dan sejumlah anggota Forum Komunikasi Perangkat Daerah Kabupaten Temanggung.
Bambang Sukarno mengatakan, PAW anggota DPRD sangat diperlukan untuk menunjang tu­gas-tugas konstitusi. Pada ta­hun politik 2014 diharapkan ada kerja sama yang lebih baik antara DPRD dan eksekutif untuk menyukseskannya. ”Sebagai anggota DPRD yang baru harus lekas belajar dan beradaptasi sehingga bisa langsung menunaikan tugas dan tanggung jawab sebagai legislator,” katanya.
Pelaksana tugas Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung, Suharno mengatakan Bambang Sukarno mengundurkan diri dari keanggotaan di DPRD pada 19 Juli 2013. Dia dari Fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan Temanggung I, meliputi Kecamatan Temanggung, Tembarak, Selopampang dan Tlogomulyo.
Pengunduran diri itu, katanya, juga berdampak pada kosongnya posisi Ketua DPRD Kabupaten Temanggung. Meski tanpa ketua, kerja DPRD juga tidak terganggu sebab dapat ditangani oleh para wakil ketua yang bekerja secara kolektif sebagai pimpinan DPRD. Para wakil ketua itu, yakni Muhkhamdi (PAN), Tunggul Purnomo (Partai Golkar) dan Muh Amin (PKB).
Ia mengatakan, DPRD telah mengusulkan pengganti ketua DPRD kepada Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Temanggung. Usulan tersebut disampaikan setelah DPRD mendapat surat dari DPC PDI Perjuangan setempat nomor 0680-B/DPC/X/2013 tanggal 4 Oktober 2013 perihal pengajuan usul pergantian pengisian jabatan pimpinan DPRD.
Berdasarkan surat tersebut, katanya, anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan, Subchan Bazari diusulkan menggantikan Bambang Sukarno dan DPRD masih menunggu jawaban dari gubernur. (zah/lis)