TEMANGGUNG—Salah satu pola pendekatan peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di wilayah kecamatan dapat dilakukan dengan program kegiatan pagu wilayah kecamatan (PWK). Pengelolaan dana hibah PWK dari APBD tersebut dapat meningkatkan pemerataan pembanguan dan percepatan pertumbuhan ekonomi sehingga perkembangan daerah secara umum dapat melaju pesat.
Hal tersebut disampaikan Bupati Temanggung Bambang Sukarno, saat meresmikan program PWK di Desa Ketitang Kecamatan Jumo, pagi kemarin (13/1). Hadir dalam kegiatan tersebut muspika setempat, Kepala Bappeda, Bambang De­wantoro, Kabag Humas Witarso Saptono Putro dan para kepala desa di kecamatan tersebut.
“PWK merupakan lembaga penerima hibah yang tujuannya untuk pemerataan pembangunan dan percepatan pertumbuhan dan pengembangan ekonomi produktif bagi masyarakat. Semakin berhasil program ini, maka pembangunan di kecamatan dapat lebih optimal,” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut Bambang juga memberikan apresiasi kepada masyarakat atas partisipasi, kerja sama dan peran serta masyarakat dalam pembangunan sehingga program ini bisa selesai dilaksanakan dengan baik. Ia berharap dengan diresmikan pembangunan jalan program PWK ini ekonomi masyarakat desa setempat semakin maju dan lancar.
Camat Jumo, Kuncoro, dalam laporannya menyampaikan program pagu wilayah Kecamatan Jumo tahun 2013 sebesar Rp 578.400.000 untuk 7 desa di kecamatan. Hasil pelaksanaan PWK tersebut antara lain di Desa Ketitang dengan sasaran fisik pembangunan jalan rabat beton sepanjang 400 m, Desa Kertosari 560 m, Desa Jombor 640 m, Desa Gununggempol, 400 m. Sementara di Desa Sukomarto dengan sasaran fisik pembuatan angel jembatan sepanjan 11 m dengan lebar 10,5 m, tinggi 5,5 M, Desa Karangtejo pembuatan senderan jalan sepanjang 160 m, Desa Barang pembuatan senderan jalan 130 M dan gorong-gorong.
Dalam kesempatan tersebut Kuncoro berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus merawat dan menggunakannya dengan baik, mudah-mudahan dengan diresmikannya proyek ini ekonomi masyarakat desa setempat bisa semaikin mening­kat. (zah/lis)