Suami Malas Bercinta

122

Tanya dr Andi:
Suami saya baru usia 36 tahun tapi seringkali malas dan ogah-ogahan berhubungan intim. Sudah 2 bulan ini kami baru melakukan 1 kali. Biasanya kami melakukan seminggu 1-2 kali. Apakah ini akibat kecapekan ataukah karena gejala penyakit?
(Y di D)

Jawab dr Andi:
Untuk usia 30-an, biasanya libido atau nafsu seks cukup tinggi. Dalam seminggu bisa melakukan sampai 3-4 kali. Bila 2 bulan baru 1 kali melakukan hubungan, mungkin saja ada problem pada seksual ataupun non seksual.
1. Tanyakan pada suami apakah ia kecapekan atau memang sedang tidak bergairah. Adakah problem antara anda berdua sebagai suami istri. Bila ada konflik atau ganjalan, usahakan bisa dicari akar masalahnya dan dibicarakan solusinya. Bicarakan dengan bahasa yang halus dan terus terang tapi tetap baik dan sopan. Berfokuslah pada pemecahan masalah, bukan pada siapa yang salah.
2. Usahakan agar ada kesepakatan mengenai waktu khusus untuk anda berdua. Misalnya 1 sampai 2 kali seminggu anda menyiapkan waktu untuk ’pacaran’ berdua, di kamar tidur saja tentunya. Di hari tersebut anda berdua bisa mempersiapkan diri agar malamnya tidak kecapekan dan bisa tetap bugar. Siapkan juga kamar tidur, pakaian tidur dan juga suasana yang nyaman agar hari itu bisa tercipta keintiman.
3. Nikmati kebersamaan anda, jangan buru-buru untuk mencapai puncak. Rasakan tiap sentuhan, dan biarkan imajinasi anda bermain.
4. Bila anda malu untuk memulai, tawarkan untuk memberikan pijatan untuk suami. Dari situ anda bisa menikmati kemesraan berdua. Pijatan dan sentuhan bisa membawa ke arah yang lebih intim.
5. Bila dengan langkah-langkah di atas masih belum ada peningkatan gairah suami, lebih baik berkonsultasi ke dokter untuk mencari adakah penyakit yang mendasari penurunan gairah tersebut. (*/ton)