MAGELANG—Pemerintah Kota Magelang membuat kebijakan sebagai bentuk kampanye batik magelangan. Setiap Kamis dan Jumat seluruh PNS diminta mengenakan baju batik itu.
Wali Kota Magelang Sigit Widyo­nindito, mengatakan seragam batik tersebut wajib digunakan PNS pemkot dan BUMD di Kota Magelang, mulai 1 April. ”Kebijakan ini memiliki banyak manfaat, terutama guna, mengembangkan produk lokal berupa batik dengan motif khas Kota Magelang,” katanya.
Dia mengaku segera membuat surat edaran yang ditujukan kepada para PNS, terkait dengan kewajiban mereka mengenakan seragam batik khas Kota Magelang. ”Ini merupakan upaya pemkot untuk menggairahkan industri batik di Kota Magelang, makanya kita akan mewajibkan agar PNS pemkot memakai seragam resmi tersebut, tiap Kamis dan Jumat,” ucapnya.
Pada kesempatan itu, ia meminta para perajin batik Kota Magelang untuk menyiapkan produksi mereka. ”Para pengusaha batik harus mulai menyiapkan diri dengan baik sejak sekarang, karena nantinya batik buatan mereka yang akan digunakan sebagai seragam kerja,” ujarnya.
Ketua Paguyuban Batik Ma­gelang Naris Prajoko menyambut gembira kebijakan pemkot setempat untuk mewajibkan PNS mengenakan seragam batik khas daerah itu.
Pihaknya akan segera menyiapkan diri dengan baik untuk merespons positif kebijakan yang hendak dikeluarkan pemkot setempat itu, terkait dengan seragam batik PNS. (vie/lis)