Harga Bahan Pokok Naik

126

TEMANGGUNG— Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran mengalami kenaikan sejak sebelum Natal kemarin. Kenaikan rata-rata 5-10 persen dari harga normal. Diprediksikan, kenaikan akan terus terjadi hingga awal Januari.
Harga minyak goreng curah, sebelumnya di pasaran dijual Rp 9.900 per kilogram, sejak sepekan terakhir, harga tersebut naik menjadi Rp 11.200 per kilogram. Harga beras jenis pandan wangi dan rojo lele dijual dengan harga Rp 10 ribu dari harga sebelumnya Rp 9 ribu per kilogram.
Untuk harga beras jenis IR64, yang semula dijual 8.600 per kilogram kini naik menjadi Rp 9.500 per kilogram. Sedangkan untuk beras kualitas sedang naik menjadi Rp 8.600 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 7.500. ”Sudah naik sejak seminggu yang lalu. Naiknya pelan-pelan tidak langsung seperti lebaran. Biasanya mulai dari Rp 500 atau kurang dari itu,” kata Khotimah, 30, pedagang sembako di Pasar Kliwon Temanggung.
Kenaikan juga terjadi untuk komoditas telur ayam ras. Dari sebelumnya harga telur Rp 14 ribu per kilogram, mulai naik menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Sedangkan harga tepung terigu naik Rp 500 dari harga sebelumnya Rp 6 ribu. ”Stok masih lancar, tidak ada kelangkaan. Pembelian mulai naik, tapi belum banyak, naiknya masih kurang dari 10 persen,” terangnya.
Uniknya, kendati harga sejumlah komoditas pokok naik, namun harga gula pasir justru turun dari Rp 11 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram. ”Cuma gula saja yang turun,” terangnya. Khadijah, 50, pedagang lainnya menambahkan, kenaikan harga barang terjadi karena meningkatnya pembelian. Namun, belum mencapai kenaikan maksimum seperti tahun sebelumnya. (zah/lis)