PPKom Harus Tegas

209

MAGELANG—Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) diminta tegas dalam melakukan pe­ngawasan pekerjaan. Apabila menyalahi perjanjian kontrak, PPKom punya kewajiban untuk mengingatkan atau menegur rekanan.
Hal itu ditegaskan Sekda Kota Magelang Drs Sugiharto, saat memberikan pengarahan kepada sejumlah PPKom, pengawas lapangan, dan panitia penerima hasil pekerjaan (PPHP) Dinas Pekerjaan Umum Kota Magelang, bertempat di aula setempat, Senin (2/12).
”Untuk mengawasi perkembangan pengerjaan proyek, PPKom tidak bekerja sendiri, perlu menjalin komunikasi serta koordinasi yang baik dengan pihak terkait,” katanya.
Mantan Kepala Dispendukcapil Kota Magelang ini berpesan secara khusus baik kepada PPKom, pengawas lapangan dan PPHP untuk bekerja sesuai rambu-rambu aturan dan kewenangan” katanya.
Lebih lanjut, kepada PPHP, juga diharapkan lebih cermat dalam menerima pekerjaan dari pihak rekanan.
”Harus melaksanakan sesuai dengan aturan yang ada, agar tidak muncul permasalahan di kemudian hari,” katanya.
Kabid Bina Marga Ch Yonas Nu­santrawan Bolla mengatakan, pihaknya sudah berhati-hati untuk mengawal dan mengawasi jalannya proyek yang dikerjakan. Selama ini, ia mengaku tidak serta merta menerima hasil pekerjaan dari rekanan.
”Pihak kita, terutama PPHP tidak akan menandatangani hasil pekerjaan, jika hasilnya tidak sesuai dengan spesifikasi maupun kesepakatan dalam kontrak kerja. Kalau perlu sebelum tanggal kontrak selesai, jika memang pekerjaan kurang memuaskan, PPKom langsung ingatkan kepada pihak rekanan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kesepakatan kontrak,” terangnya. (vie/lis)