Warga Menjer Diajak Kelola Wisata

32

WONOSOBO—Telaga Menjer merupakan salah satu wisata andalan Wonosobo. Namun selama ini belum memberikan dampak baik bagi warga sekitar. Untuk meningkatkan kemampuan mengelola sektor wisata, mahasiswa KKN UGM sejak Juli lalu melakukan pendampingan terhadap warga agar mempunyai kemampuan kelola sektor wisata.

Salah satu hasil dari program yang dilakukan oleh para mahasiswa ini, kemarin (15/8) ditunjukan dengan acara Telaga Menjer Ekspo. Dalam acara ini, mahasiswa melibatkan warga Desa Tlogo dan Menjer untuk memamerkan hasil industri rumah tangga. Meliputi makanan olahan dan seni cenderamata bagi wisatawan. Selain itu, untuk kalangan anak-anak juga menyuguhkan beragam seni tari.

Menurut Cheren Achnung Septiani ketua KKN UGM, kegiatan ini dihelat setelah sejak awal Juli pihaknya melakukan kegiatan bersama warga di Desa Tlogo dan Menjer. Selama sebulan lebih mahasiswa melakukan kegiatan yang terkait dengan pengelolaan sektor wisata.
“Tema KKN kami tentang peningkatan kapasitas warga sadar wisata,”katanya.

Selama sebulan lebih, kata Cheren, mahasiswa menggelar berbagai program pelatihan. Di antaranya melakukan belajar kelompok anak dalam penguasaan tari lokal serta pengetahuan potensi Telaga Menjer.

“Pemahaman terhadap anak ini penting diberikan agar ke depan mereka siap menjadi desa wisata,” ujarnya.

Selain anak, kata Cheren, kegiatan juga melibatkan para ibu rumah tangga dan remaja. Untuk kalangan ibu rumah tangga dikembangkan berbagai makanan olahan dan industri kriya. Sedangkan untuk para remaja membangun kesadaran melayani wisatawan.

“Semua kelompok kami dekati dan kami lakukan kegiatan. Kalau semua warga telah sadar maka akan mudah dalam mengangkat wisata Telaga Menjer,” paparnya.

Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida yang membuka Telaga Menjer Ekspo mengatakan, pembinaan terhadap masyarakat sekitar wisata sangat penting. Dengan pendampingan ini, warga akan mampu mengolah diri dalam meningkatkan ekonomi dari sektor wisata. (ali/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here