Dulu Kompak, Sekarang Bersaing

25

MUNGKID— Agenda halal bihalal di gedung DPRD Kabupaten Magelang, kemarin siang mendadak meriah dengan digelarnya acara khusus bagi anggota legislatif yang akan bertarung dalam Pilkada Kabupaten Magelang Oktober mendatang.

Mereka menggelar acara maaf-maafan secara khusus di atas panggung. Dari enam bakal pasangan calon (bapaslon), empat diantaranya menghadiri halal bihalal di gedung wakil rakyat tersebut.

Yakni pasangan Zaenal Arifin-Zaenal Arifin (PDIP), Muhamad Achadi (calon wakil bupati dari PKB), Sad Priyo Putro (calon wakil bupati dari Partai Demokrat), Susilo-Mujadin Putu Murja (pasangan PPP dan PAN). Mereka didaulat untuk maju ke atas podium untuk menyampaikan sambutan halal bihalal.

Keenam orang tersebut berdiri berjejer di hadapan Bupati Singgih Sanyoto, muspida dan para kepala SKPD.
Dalam sambutannya, ketua DPRD nonaktif, Susilo SPt mengaku tidak pernah menyangka bakal saling berhadapan dengan para koleganya di DPRD.

”Selaku pimpinan dewan nonaktif kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami tidak menduga jika kami akan saling berhadapan pada pilbup nanti,” kata Susilo, yang sebelumnya menjabat Ketua DPRD Kabupaten Magelang.

Pernyataan Susilo ini merujuk pada kesolidan dan kekompakan unsur pimpinan DRPD selama menjabat. Namun nanti dalam pilkada dia bersama M Achadi, Mujadin Putu Murja dan Sad Priyo Putro akan berhadapan sebagai peserta. Meski nantinya akan berkompetisi, Susilo mengatakan dirinya dan calon lainnya siap menjaga iklim kondusif yang damai di Kabupaten Magelang.

”Kami saling menghormati. Kami siap menang dan siap untuk kalah. Jika bisa lebih baik kami menang semua,” kata dia berkelakar.

Susilo, yang selama ini banyak berseberangan dengan Singgih Sanyoto, juga menggunakan momen tersebut untuk meminta maaf secara terbuka. ”Pak Singgih kami mohon maaf,” kata Susilo disertai tepuk tangan peserta halal bihalal.

Dikatakan bahwa kandidat bupati dari partai politik senantiasa mengedepankan rasionalitas politik. ”Kami nanti akan tetap menjaga iklim damai, dan sejuk. Kami mengutamakan kedewasaan bersikap, dan bertindak,” kata dia.

Mereka kemudian disalami oleh peserta halal bihalal. Adapun calon wakil bupati dari Partai Demokrat Sad Priyo Putro menyumbangkan dua lagu untuk menghibur peserta halal bihalal.

Sebelumnya, Bupati Singgih Sanyoto mengatakan bahwa kepemimpinan dirinya tinggal sekitar lima bulan. Sejauh ini kondisi Kabupaten Magelang sudah baik dan diharapkan bupati terpilih nanti bisa membawa Magelang menjadi jauh lebih baik lagi.

Singgih juga mengungkapkan permintaan maafnya kepada hadirin dan masyarakat. Dalam kesempatan itu, dia juga pamitan kepada anggota dewan. (vie/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here