Kecelakaan Didominasi Sepeda Motor

33

WONOSOBO—Selama libur lebaran, hampir tiap hari di wilayah Wo­no­sobo terjadi kecelakaan di jalan raya. Sejak 2 Agustus lalu, sedikitnya 12 kali kejadian kecelakaan. Dari data itu, kecelakaan didominasi oleh pengguna sepeda motor. Akibatnya beberapa orang luka berat, tercatat satu orang meninggal dunia.

Kapolres Wonosobo AKBP Agus Pujianto melalui Kasatlantas AKP Budi Y Fajar mengatakan, selama libur lebaran yakni pada H-7 lebaran hingga kemarin (13/8) tercatat terjadi kecelakaan 12 kali di jalan raya. Melibatkan kendaraan roda dua dan roda empat. Kejadian berlangsung di sejumlah titik di wilayah kota dingin itu. “Dua belas kasus ke­celakaan itu, umumnya terjadi di jalan provinsi,”katanya.

Fajar menjelaskan, dari 12 ka­sus tersebut, kecelakaan me­libatkan antara kendaraan ro­da dua dengan roda dua, serta kendaraan roda dua bertabrakan dengan kendaraan roda empat. Dari sejumlah kasus itu, kecelakaan didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua. “Kecelakaan tertinggi pengguna sepeda motor,” cetusnya.

Akibat kecelakaan ini, kata Fajar, korban mengalami luka berat, umumnya mengalami patah tulang pada bagian kaki dan tangan. Sementara korban tewas tercatat satu orang yakni Nita Fitriyani, 20, asal Dusun Jambangan RT 4/2, Desa Wadas, Plantungan Kabupaten Kendal. Korban membonceng Didik Setiawan,19, yang bertabrakan dengan mobil Honda CRV pada 12 Agustus lalu.

“Korban tewas di tempat, sementara Didik mengalami luka berat dan saat ini dirawat di RSU Wonosobo,” paparnya.

Ditambahkan, berdasarkan data, umumnya kecelakaan dipicu oleh pelanggaran pe­ngendara sepeda motor. Di antaranya mengebut, melanggar marka jalan, serta tidak mematuhi rambu lalu lintas dengan benar. Untuk itu pihaknya berharap, pada masa arus balik yang hampir selesai, para pengguna jalan diharapkan lebih hati-hati dan tertib lalu lintas.

“Di jalan raya, sebagian pengguna sudah tertib, namun kalau ada yang tidak tertib bisa berdampak kecelakaan melibatkan pengguna lain,”katanya.(ali/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here