Persikama Nyaris Lolos Porprov

133

MUNGKID—Kesebelasan Persikama Kabupaten Magelang selangkah lagi maju ke pekan olahraga Provinsi Jawa Tengah (Porprov) 2013 di Banyumas. Hal itu tidak terlepas dari keberhasilan Persikama menekuk 2-0 Persikapur Purworejo di Stadion Tridadi Sleman yang jadi markas sementara tim kebanggaan wong Magelang ini.

Dengan hasil itu, kesebelasan asuhan Widodo itu tinggal membutuhkan hasil seri atau setidaknya kalah dengan selisih satu gol untuk lolos mewakili eks Karesidenan Kedu berlaga di ajang Porprov Jateng.

Dua gol kemenangan Persika­ma, dicetak masing-masing oleh Sony Pradana menit 6 melalui tendangan bebas. Sedang gol kedua, dicetak Muhaimin menit ke-11 melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan tarik Achmad Iqbal. ”Kami tinggal butuh seri. Kalau pun kalah, minimal 1-0 atau 2-1. Terpenting jangan sampai kebobolan lebih dari tiga gol,” kata Manajer Persikama U-21 Gunawan, kemarin.

Jika lolos, kata Gunawan, pres­tasi ini merupakan sejarah bagi persepakbolaan Kabupaten Magelang yang sempat mati suri selama beberapa tahun. ”Lolos sebagai juara pool saja, sudah melebih target. Sebelumnya, kami hanya berpartisipasi saja pada keikutsertaan di porprov tahun ini. Kalau pun lolos dan seandainya nanti berhasil mewakili Kedu, itu sebuah prestasi dan sejarah bagi persepakbola­an Kabupaten Magelang,” ungkapnya.

Sementara meski sudah unggul 2-0 di leg pertama kemarin, pihaknya minta para pemainnya tidak mabuk kemenangan. ”Cukup bersyukur saja. Jangan sampai lupa diri apalagi mabuk kemenangan. Kita belum tentu lolos, karena masih ada leg kedua di kandang Purworejo. Terpenting, anak-anak tetap berlatih dan menjaga konsentrasi. Tinggal sedikit lagi untuk lolos,” pintanya.

Sebelumnya dalam laga penyisihan grup Persikama berhasil meraih empat poin dari hasil sekali menang melawan PPSM Sakti (1-0) dan sekali seri (0-0) saat menghadapi tuan rumah Persitema Minggu (17/3) kemarin. (vie/lis)