Kelompok Jambret Binagriya Diringkus

127

SATUAN Reserse dan Kriminal Polres Pekalongan Kota, Minggu (24/3), berhasil meringkus dua tersangka kasus penjambretan yang telah menjadi buron sejak Juni tahun 2012 lalu. Adalah Andi Sanjaya alias Kendil, 27, dan rekannya, Daryoto alias Ompong, 28, keduanya warga Pabean, Pekalongan Utara.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Dhani Hernando mengatakan, kedua tersangka telah menjadi incaran petugas sejak 10 bulan lalu. Mereka terlibat aksi penjambretan terhadap seorang ibu bernama Hj Siti Solekhah, warga Jalan Kopi No 702 Blok A, Perumahan Binagriya, Kelurahan Medono, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Senin 25 Juni 2012 silam.

“Kedua tersangka menjambret pada Juni tahun lalu. Mereka berdua adalah kelompok jambret yang beroperasi di sekitar Perumahan Binagriya,” kata Kapolres saat gelar perkara pengungkapan kasus tersebut di Mapolres setempat, Senin (25/3).
Selain menangkap kedua tersangka, polisi juga menyita barang bukti penjambretan, berupa satu unit sepeda motor Honda Revo warna hitam bernomor polisi G 2092 ZA yang digunakan untuk menjambret serta sebuah dompet warna coklat milik korban.

Terungkap, proses penangkapan kedua tersangka tergolong sulit dan membutuhkan kerja keras petugas. Pasalnya, kedua tersangka sempat kabur ke Pulau Bali setelah melakukan aksinya. Andi Sanjaya dan Daryoto, bersembunyi di daerah Denpasar, sembari menjadi buruh batik di sana untuk menghindari kejaran petugas.

Dipaparkan, setelah tiga bulan berada di Pulau Dewata, seorang dari mereka, Daryoto atau Ompong, pulang ke Pekalongan. Sementara rekannya, Andi Sanjaya, masih berada di Bali.

Berkat ketelatenan petugas, keberadaan satu tersangka bernama Andi Sanjaya yang masih di Bali diketahui. Tim Buser Satreskrim Polres Pekalongan Kota kemudian mengubernya hingga ke Bali. Akhirnya, pada Selasa 19 Maret pekan lalu, polisi berhasil menangkap tersangka bernama Andi Sanjaya. “Tersangka ditangkap di daerah Sanur, Denpasar, Bali,” ungkap Kapolres. (way/jpnn/ida)