Akmil Buka Pendaftaran 32 Calon Taruni

128

MAGELANG—Akademi Militer (Akmil) Kota Magelang membuat terobosan baru dengan melakukan perekrutan calon taruna putri (taruni) di tahun 2013 ini. Gubernur yang didampingi Wagub Akmil, Brigjen TNI Sumedy dan Kapenhumas Letkol Taufik mengemukakan, penerimaan taruni untuk menjadi calon perwira TNI AD perempuan merupakan upaya TNI AD dalam kesetaraan gender.

Sehingga, penerapan kurikulum taruni akan disamakan dengan taruna. Namun, untuk kegiatan jasmani akan disesuaikan dengan standarnya. ”Tidak ada yang diistimewakan dalam penerimaan mereka, semuanya sama baik kurikulum dan militernya.

Hanya ada beberapa yang dikurangi menyesuaikan dengan fisik,” ujar Gubernur Akmil Mayjen TNI Istu Hari Subagio di Magelang, kemarin. Rencananya mulai tahun ini Akademi TNI akan merekrut 32 taruni, yakni enam untuk matra laut, 10 matra udara, dan 16 matra darat.

Perekrutan taruni Akademi TNI dilakukan untuk lulusan SMA unggulan atau mantan paskibraka maupun dari sekolah umum lainnya yang setidaknya pernah mendapat pengalaman militer. ”Kami benar-benar harus selektif dalam merekrut taruni ini,” lanjutnya.

Dia menuturkan tahun ini Akmil mendapat kuota 192 siswa terdiri atas 176 taruna dan 16 taruni. Disebutkannya, dari 16 taruni terdiri dari jurusan IPA sembilan orang dan jurusan IPS tujuh orang.

Mengenai sarana dan prasarana para taruni, Gubernur Akmil mengatakan, saat ini telah disiapkan yakni akan menempati gedung flat 2 kompleks Akmil. ”Di gedung flat 2 tersebut ada tiga lantai, untuk lantai 1 bagi para pengasuh, sedangkan para taruni menempati lantai dua dan tiga untuk ruang tidur maupun belajar,” paparnya. (vie/lis)